img
Agenda Kegiatan
Twitter

Kapolda Riau Bersama Pimpinan Kecamatan Bantan Di Dampingi Langsung Oleh Kepala Desa Mentayan Turun Langsung Melihat Kerusakan Pesisir Pantai Akibat Abrasi.

Kapolda Riau Bersama Pimpinan Kecamatan Bantan Di Dampingi Langsung Oleh Kepala Desa Mentayan Turun Langsung Melihat Kerusakan Pesisir Pantai Akibat Abrasi.

Dibaca: 402 kali  Kamis,23 Januari 2020 | 09:21:am WIB
Kapolda Riau Bersama Pimpinan Kecamatan Bantan Di Dampingi Langsung Oleh Kepala Desa Mentayan Turun Langsung Melihat Kerusakan Pesisir Pantai  Akibat Abrasi. kapolda riau dan pimpinan camat bantan Bpk. Drs. Sufandi .Mp di dampingi kepaladesa mentayan turun langsung melihat abrasi pantai seputih desa mentayan

Dalam beberapa tahun terakhir, garis pantai di beberapa daerah di kabupaten bengkalis mengalami penyempitan yang cukup memprihatinkan akibat abrasi. Data Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dilansir oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedikitnya 400 kilometer pantai di kabupatenbengkalis telah tergerus abrasi. Hilangnya bibir pantai akibat abrasi itu, Tercatat setidaknya ada 44 persen yang sudah hilang dari total pantai sepanjang 745 kilometer. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau setidaknya menghambat masalah abrasi, seperti pembangunan alat pemecah ombak dan penanaman mangrove di sekitar pantai. Meskipun sulit, masyarakat desa mentayan kelompok konservasi tanaman mangrove khususnya sudah berusaha untuk mengatasi abrasi harus terus dilakukan. namun belum ada tanggapan dari kementrian maupun pemerintah untuk membantu menanggulangi abrasai seperti pemecah ombak contohnya di antara desa-desa yang lain desa mentayan belum mendapat tanggapan persoalan abrasi pantai sehingga sampai saat ini belum ada satupunn pemecah ombak yang tertanam di pesisir pantai desa mentayan, Jika masalah abrasi ini tidak segera ditanggulangi, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan luas daratan di Ikabupaten bengkalis banyak yang terancam hilang.

menanggapi hal tersebut. Selasa (21/01/20) siang, Anggota Dari Kapolda Riau Bersama Pemimpin Kecamatan Bpk. Drs Sufandi .Mp turun Langsung Melihat Kondisi Bibir Pantan Seputih Desa Mentayan Kec.Bantan Yang Rusak Akibat Abrasi, Jalaludin. Selaku Kepala desa mentayan mengungkapkan bahwa lebih dari 6 meter setiap tahunnya pesisir pantai seputih desa mentayan habis ditelan abrasi.
menanggapi hal tersebut anggota kapolda riau Bpk. Dody mengungkapkan " menanggapi himbauan dari kementrian kelautan (Maritim) perihal batas wilayah teritorial indonesia dan pantai  pesisir setelah melihat langsung kondisi riil dilapangan tentang abrasi di pulau Bengkalis. kita akan tetap mengawal janji pusat soal penanganan abrasi ini. Hal ini juga merupakan ancaman yang serius bagi pesisir pantai pulau Bengkalis,"ungkapnya. selasa (21-01-20). PemDesMentayan.

Akses Desa Mentayan Via Mobile m.mentayan.desa.id
Tulis Komentar
Berita Terkait