img
Agenda Kegiatan
Twitter

Bupati Minta Kepala Desa dan Perangkat Gairahkan Kembali Semangat Gotong Royong

Dibaca: 638 kali  Kamis,21 Juli 2016 | 08:09:am WIB
Bupati Minta Kepala Desa dan Perangkat Gairahkan Kembali Semangat Gotong Royong Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menghadiri BGRM di Taluk Kuantan

TALUKKUANTAN – Bupati Bengkalis, Amril Mukminin bersama Ketua TP PKK Bengkalis, Kasmarni menghadiri peringatan puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-8 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 tingkat Provinsi Riau di Taluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Rabu (20/7/2016).

Peringatan hari puncak dua momen ini digelar di Pulau Bungin, tepatnya di pinggir Sungai Taluk Kuantan, dicanangkan oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman bersama Ketua TP PKK Provinsi Riau, Sisilita. Selain Amril Mukminin dan Kasmarni, even ini dihadiri langsung oleh bupati/walikota beserta ketua TP PKK kabupaten/kota se-Provinsi. Sedangkan pejabat Kabupaten Bengkalis, turut dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Bengkalis, Ismail. Para tetamu dari kabupaten/kota disambut oleh Bupati Kuantan Singingi, Mursini beserta Ketua TP PKK Emi Safitri dan Wakil Bupati Kuansing Halim beserta isteri.

Sempena peringatan hari puncak BBGRM, Amril Mukminin menegaskan siap mendukung program pemerintah dengan menggelorakan gotog royong di Negeri Junjungan. Mengingat kebiasaan gotong royong merupakan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia, yang mampu menyatukan masyarakat. Meskipun demikian tradisi ini, perlahan-lahan mulai terkikis oleh peradaban zamn, makanya Pemkab Bengkalis terus mendorong masyarakat di setiap ceruk kampung untuk mengaktifkan tradisi gotong royong.

Dikatakan mantan Kepala Desa Muara Basung ini, sebagai bentuk komitmen menggelorakan semangat gotong royong, akan dilanjutkan peringatan di tingkat kabupaten. Tujuan dari peringatan di tingkat kabupaten, semata-mata agar masyarakat tetap mengedepankan nilai-nilai gotong royong.

“Semangat gotong royong dalam membangun daerah sangat dibutuhkan. Sebab proses pembangunan suatu daerah bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi butuh dukungan dari elemen masyarakat. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” ungkap Amril Mukminin.

Lebih lanjut Amril memberikan apresiasi kepada masyarakat yang tetap mempertahankan nilai-nilai gotong royong. Kondisi ini tentu harus tetap dipertahankan, agar generasi akan datang terus melaksanakan tradisi yang menjadi bagian dari perjalanan panjang bangsa ini. 

“Budaya gotong-royong merupakan sebuah kekuatan sosial yang dapat menyelesaikan segala persoalan yang ada di tengah masyarakat tersebut. Karena itu, seluruh lapisan masyarakat, khususnya ketua RT, ketua RW dan Kepala Desa/Lurah sebagai garda terdepan dan motor penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan agar lebih aktif dan pro aktif menggairahkan kembali semangat gotong royong ini,” ujar Bupati Bengkalis.

Amril mengungkapkan bahwa peringatan HKG PKK memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yang utama yaitu memberdayakan dan mensejahterakan keluarga

Tema peringatan kali ini, wujudkan kinerja gerakan PKK melalui penguatan dasa wisma. Tema ini mengandung makna dengan peringatan HKG PKK ini, diharapkan TP PKK secara berjenjang berupaya keras untuk memperkuat kelompok dasa wisma yang merupakan ujung tombak dari gerakan PKK, termasuk di dalamnya dengan memberikan perhatian kepada kader-kadernya. ***

Akses Desa Mentayan Via Mobile m.mentayan.desa.id
Tulis Komentar
Berita Terkait